Kamis, 12 November 2015

Tips tes Rekening Koran

ketika saya menulis postingan ini saya telah diterima dan bekerja di Bank Syariah terbesar di Indonesia. jadi anda bisa mempercayai tulisan ini.

Ada banyak macam model soal tentang psikotes. dari yang menggambar, logika dll. semuanya untuk menguji kemampuan otak kita. dan menurut saya yang paling dahsyat adalah rekening koran. saya akan memberikan link tempat saya belajar dan mempersiapkan diri. tidak saya tambah dan kurangi lagi karena menurut saya apa yang tertera di postingan beliau sudah pas dan lengkap dan sebagai bentuk penghormatan saya kepada beliau. 

Khusus untuk tes rekening koran saran saya adalah
  1. Mulai lah belajar penjumlahan dari sehari atau dua hari sebelum mulai tes. ini sebenarnya adalah metode saya sendiri. saya sengaja ga mau belajarnya dari jauh-jauh hari karena saya tidak mau terlalu gugup dan tertekan yang malah dapat merusak hari dan persiapannya. bahkan sebenarnya persiapan saya kurang dari sehari jadi teman-teman bisa menyesuaikan dengan metode sendiri aja.
  2. Malamnya usahakan tidur cepat, jam 10-an udah bisa laah, walaupun nantinya bakal tetap susah tidur karena kepikiran. Tapi setidaknya usahakan gitu. sunggu beruntunglah bagi anda yang mudah untuk terlelap T.T
  3. Sarapan secukupnya ketika hari H, jangan kelebihan atau kekurangan. karena biasanya tes koran itu di sesi trakhiran.
  4. ketika sedang tes mungkin pada awalnya mungkin agak lancar, beban tes koran itu akan mulai muncul setelah bagian awal itu selesai. Disitu anda akan mulai mengalami logika lumpuh secara tiba-tiba. , kemudian jd rabun dekat atau jauh,bahkan beberapa mengalami pening kepala,mual-mual, muntah-muntah dan bahkan saja pingsan. naahh,, jujur saya sebelumnya ga pernah tes koran dan ketika saya tes yang pertama kali alhamdulillah lancar dan bisa selesai sampe balik kertas samp di bagian tengah. yang saya lakukan adalah saya ngerjainnya sambil berdo'a dan berdzikir. saya bener-bener lhoo.. ga nambah-nambahin dan dalam keadaan berusaha keras namun menyerahkan hasilnya pada yang kuasa. ketika logika saya mulai lumpuh maka saya akan berdo'a "Hasbunallah wani'mal wakiil, Ni'mal maula wani'mannashiir" dan "Allahumma yassir walaa tuassir". yaitu saya menyatakan diri bahwa cukup allah sebagai penolong sambil saya mengharapkan pertolonganNYA dan do'a minta kemudahan urusan. dan saya akan melanjutkan menyelesaikan tesnya.
  5. selalu gerakkan badan anda. ini juga adalah teknik improvisasi saya, karena semakin lama saya berdiam maka semakin cepat gejala-gejala penyakit yang di poin ke-4 akan segera menyerang saya. gerakan yang saya lakukan adalah mengubah posisi kepala dari kiri ke kanan. bahu juga saya gerakkan dan meluruskan dan membungkukkan posisi punggung. kaki juga terkadang saya goyang.Namun usahakan untuk memikirkan kondisi sekitar. jangan sampe kita menjadi pengganggu jadi lakukanlah sewajarnya.
  6. jangan sampai terganggu atau hilang fokus karena suasana disekitar. yang saya rasakan ketika tes adalah adanya suara gaduh karena bunyi orang membalikkan kertas dan pulpen yang diketuk pada meja. saya ga tau, mungkin saja mereka adalah oknum-oknum atau agen rahasia yang memang sengaj diutus. yang mereka lakukan akan memancing adrenalin kita dan membuat kita jadi pengen buru-buru. pokoknya fokus aja deh.
  7. tetaplah teliti. jadi kerjainnya tu jangan asal jawab, mungkin aja mereka mau nilai jawaban kita satu-satu. ngeri kalii yaa, tapi itu mungkin yaaa.
Naaaahh,, itu aja tips-tipsnya, semoga jadi ilmu yang bermanfaat buat teman-teman.
oyaaa, tahapan tes yang saya alami ketika saya ikut tes ada 4.
  • Pengetahuan Umum
  • Wawancara tertulis dan wawancara lisan
  • Psikotes
  • Tes Kesehatan
kalau teman-teman pengen bertanya, silahkan post di reply namun karena faktor kerjaan jadinya saya jarang blgging lagi, kalau mau cepat sih lewat twitter aja. @Araf_calamba

Ini salah satu sumber tempat saya belajar. LINK hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar